Sabtu, 16 November 2013

PENGERTIAN SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI



A. Pengertian Sistem Menurut Para Ahli
• Menurut Zulkifli Amsyah yang diambil dari kamus Webster’s Unavridged menyebutkan bahwa sistem adalah elemen – elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan atau organisasi.
• Menurut Jogiyanto
Suatu sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur – prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama – sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu.
• Menurut Bertalanffy
Sistem adalah sekumpulan yang saling berinteraksi dan bekerja saman untuk mencapai tujuan yang sama.
• Menurut Koetjaraningrat
Sistem adalah susunan yang berfungsi dan bergerak, suatu cabang ilmu niscaya mempunyai objeknya, dan objek yang menjadi sasaran itu umumnya dibatasi. Sehubungan dengan itu, maka setiapa ilmu lazimnya mulai dengan merumuskan suatu batasan (definisi) perihal apa yang hendak dijadikan objek studinya.
• Menurut Djekky R. Djoht
Sistem adalah agregasi atau pengelompokan objek – onjek yang dipersatukan oleh beberapa bentuk interaksi yang tetap atau saling tergantung, sekelompok unit yang berbeda, yang dikombinasikan sedemikian rupa oleh alam atau seni sehingga membentuk suatu keseluruhan yang integral dan berfungsi, beroperasi, atau bergerak dalam satu kesatuan.
• Menurut Pilecki
Sistem adalah sekumpulan objek dan menghubungkan objek itu dengan atributnya atau dengan kata lain, sistem adalah suatu kesatuan yang terdiri dari sejumlah bagian-bagian, atribut dari bagian dan hubungan antara bagian dengan atribut.

Pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa sistem merupakan suatu kumpulan komponen fisik maupun non-fisik yang membentuk suatu jaringan untuk melakukan suatu guna mencapai sasaran tertentu.

B. Pengertian Informasi Menurut Para Ahli
• Menurut Gordon B. Davis
Informasi adalah data yang telah diproses atau diolah ke dalam bentuk yang sangat berarti untuk penerimaannya dan merupakan nilai yang sesungguhnya atau dipahami dalam tindakan atau keputusan yang sekarang atau nantinya.
• Menurut Joner Hasugian
Informasi adalah konsep yang universal dalam jumlah muatan yang besar, meliputi banyak hal dalam ruang lingkupnya masing-masing dan terekam pada sejumlah media.
• Menurut Robert G. Murdick
Informasi adalah data yang telah didapatkan, diolah atau diproses atau sebaliknya yang digunakan untuk tujuan penjelasan atau penerangan, uraian, atau sebagai sebuah dasar untuk pembuatan yang sekarang atau nantinya.
• Menurut Kenneth C. Laudon
Informasi adalah data yang sudah dibentuk ke dalam sebuah formulir bentuk yang bermanfaat dan dapat digunakan untuk manusia.
• Menurut Firmanzah
Informasi adalah data dan angka yang sudah diberi makna dan nilai.
Dapat disimpulkan bahwa informasi merupakan data yang diproses dalam jumlah muatan yang besar yang terekam dalam suatu penjelasan yang berguna untuk manusia.

C. Pengertian Psikologi Menurut Para Ahli
• Menurut Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 13 (1990), Psikologi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dan binatang baik yang dapat dilihat secara langsung maupun yang tidak dapat dilihat secara langsung.
• Menurut Dakir (1993), psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
• Menurut Muhibbin Syah (2001), psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Tingkah laku terbuka adalah tingkah laku yang bersifat psikomotor yang meliputi perbuatan berbicara, duduk , berjalan dan lain sebgainya, sedangkan tingkah laku tertutup meliputi berfikir, berkeyakinan, berperasaan dan lain sebagainya.
• Plato dan Aristoteles, psikologi adalah ilmu yang mempelajari tentang hakikat jiwa serta prosesnya sampai akhir.
• John Broadus Watson, psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajri tingkah laku tampak (lahiriah) dengan menggunakan metode observasi yang objektif terhadap rangsangan dan jawaban (respon).
• Wilhelm Wundt bahwa psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari pengalaman – pengalaman yang timbul dalam diri manusia seperti panca indera, pikiran, perasaan (feeling) dan kehendak.
• Knight and Knight bahwa psikologi merupakan ilmu yang mempelajari secara sistematis tentang pengalaman dan tingkah laku manusia dan hewan, normal dan abnormal, individu atau social.
• Rene Descrates bahwa psikologi merupakan ilmu tentang kesadaran.
• Garden Murphy, psikologi adalah ilmu yang mempelajari respon yang diberikan oleh mahluk hidup terhadap lingkungannya.
• Clifford T. Morgan bahwa psikologi adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dan hewan.
Dan dapat disimpulakan dari definisi ketiga diatas bahwa sistem informasi psikologi merupakan suatu kumpulan komponen fisik maupun non-fisik yang berupa data yang diproses dalam jumlah muatan besar yang mendapatkan informasi-informasi yang berhubungan dengan psikologis.
Sumber :
- Sarlito, Sarwono. (2000). Pengantar Umum Psikologi. Jakarta: Bulan Bintang.
- psikologizone.blogspot.com/2011/02/definisi-psikolog-menurut-beberapa-ahli.html tanggal akses 9/10/13
- http://www.beritaterhangat.net/2012/08/defenisi-dan-pengertian-sistem-menurut.html tanggal akses 9/10/13
- http://belajarpsikologi.com/pengertian-psikologi/ tanggal akses 9/10/13
- http://elib.unikom.ac.id/files/disk1/337/jbptunikompp-gdl-aloysiussa-16837-3-babii.pdf

Tidak ada komentar:

Posting Komentar